Tips Mulai Bisnis Online di Bulan Ramadhan

Jakarta – 

Momen bulan Ramadhan bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis, atau memperkuat bisnis yang ada karena tingkat konsumsi pembeli yang lebih tinggi. Shopee dan co-founder Benang Jarum Allyssa Hawadi pun membagikan beberapa tips yang bisa diikuti untuk memulai bisnis online di bulan yang suci ini.

Kepala Kebijakan Publik dan Pemerintah Shopee Indonesia Radityo Triatmojo mengatakan di bulan Ramadhan kali ini Shopee melihat ada dua kategori yang mengalami kenaikan permintaan dan bisa menjadi peluang bagi mereka yang ingin mulai merambah bisnis online.

“Jadi pencarian terhadap produk-produk seperti makanan dan parsel itu mengalami kenaikan yang luar biasa di bulan Ramadhan yang masih masa pandemi ini,” kata Radityo dalam diskusi virtual, Rabu (28/4/2021).

“Dengan ini akan menjadi kesempatan untuk teman-teman penjual untuk melihat bagaimana ada peluang nih makanan dan parsel untuk dapat dipersiapkan di dalam toko online di dalam platform Shopee,” sambungnya.

Selain makanan dan parsel, kategori lain yang banyak dicari adalah kecantikan dan perawatan serta fashion. Radityo mengatakan meski timing-nya tidak tepat karena masih di tengah pandemi, permintaan terhadap produk fashion

Untuk yang baru memulai bisnis, atau sudah memiliki bisnis online, Radityo menyarankan untuk memanfaatkan promo yang ditawarkan platform tempat berjualan. Shopee sendiri mengadakan Big Ramadan Sale yang menghadirkan gratis ongkos kirim Rp 0, flash sale serba Rp 1.000, dan voucher cashback hingga Rp 300 ribu.

Sementara itu, menurut co-founder Benang Jarum Allyssa Hawadi untuk memulai bisnis online produk yang dijual bukanlah hal terpenting, melainkan bagaimana cara menjualnya. Ia mengatakan salah satu kunci jika ingin sukses bisnis online adalah harus produktif karena banyaknya saingan.

“Di media sosial dan e-commerce itu crowded banget, banyak banget pesaingnya. Bukan hanya seller-nya tapi produknya juga. Kalau nggak produktif kita bisa tenggelam,” kata Allyssa dalam kesempatan yang sama.

Selain itu, ia juga menyarankan pebisnis pemula untuk memanfaatkan fitur livestream seperti Shopee Live. Saat mempromosikan produk lewat livestream pun harus bersemangat dengan presentasi yang bagus agar calon pembeli bisa melihat kalau kalian percaya dengan produk yang dijual.

“Dandan, nyisir, pakai baju yang rapi, gambarnya harus bagus, invest di kamera. Terus juga cara kita ngomong harus agak sedikit menggebu-gebu. Jadi menurut aku produk itu nomor sekian tapi bagaimana cara kalian menjualnya,” pungkasnya.

Sumber :

https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-5550021/tips-mulai-bisnis-online-di-bulan-ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *